Terampil Menandai Apa yang Telah Dibaca (Cara Membuat Review Buku)

writer-1421099_1920

Membaca buku masih merupakan cara konvensional yang paling ideal untuk memperkaya otak dan batin manusia dengan sejumlah informasi. Di tengah budaya tutur dan simak yang lebih mendominasi, praktik membaca juga masih tetap bertahan dan dianggap sebagai kebiasaan yang keren (dan memang benar-benar keren).

Nah, salah satu bentuk apresiasi pelaku baca terhadap apa yang dibacanya, yakni dengan membuat review atau tinjauan buku. Ada beberapa alasan, mengapa semua orang yang membaca buku (novel, kumpulan cerpen, buku sejarah, budaya, dan buku apa saja) harus menindaklanjuti hasil bacaannya dengan menulis review. Berikut ini beberapa alasan pentingnya membuat review buku:

  1. Membuat jejak, Penanda

Membuat review sama seperti menandai apa yang telah dibaca. Kita telah bersepakat bahwa tujuan membaca adalah untuk menyerap informasi dan mengambil manfaat dari bahan bacaan. Untuk menegaskan apa yang telah dibaca itu terdokumentasikan dalam produk tulisan yang nyata, maka membuat review buku menjadi sangat diperlukan. Nantinya, review yang telah kita produksi akan masuk museum karya original yang bisa dipergunakan untuk tujuan apa saja.

  1. Memanggil Ingatan

Kalau kita pakai mantra khusus untuk memanggil Jelangkung, maka kamu cukup memakai review buku saja untuk memanggil ingatan, khususnya ingatan terhadap isi buku yang telah kamu baca. Jadilah, mereview buku juga merupakan penanda dan pengingat. Sehingga kita tidak perlu membaca ulang buku, tapi bisa mengandalkan review buku sebagai pemanggil ingatan terhadap apa pun informasi dan ragam manfaat dari buku yang telah dibaca.

  1. Menegaskan Prosesi Saling Apresiasi di Dunia Literasi

Membuat review buku adalah salah satu wujud rasa terima kasih seorang pembaca kepada penulis buku. Para penulis yang memproduksi buku pastinya telah mengerahkan seluruh energi dan kemampuan terbaiknya sehingga ada buku yang tersaji di hadapan kita semua. Atas upaya yang tidak sederhana itu, sebaiknya kita berterima kasih dengan cara membuat review buku.

Baca Juga: Yuk Teliti Teknis Ketika menulis, Agar Konten Kerenmu Makin Sempurna

Dengan kata lain, membuat review buku sama dengan beretika, menunjukkan apresiasi yang nyata, atas manfaat yang telah kita ambil dari membaca buku tersebut. Tidak ada yang paling indah dari saling memberi apresiasi antar-pembaca dan penulis, bukan?

  1. Saling Berbagi dan Berpromosi

Ketika kita memeroleh manfaat baik dari sebuah buku, mungkin kita ingin membaginya kepada pembaca lain agar juga dapat manfaat yang serupa seperti yang kita dapatkan. Dengan cara mereview buku, kita tidak perlu repot-repot membaci-bagikan atau meminjamkan buku tersebut kepada semua orang sambil bercerita spoiler secara verbal.

Kamu cukup menulis dan membuat review, lalu diposting di sejumlah media sosial atau blog, dan orang-orang akan dengan sendirinya datang dan membaca review bukumu, lalu mereka akan bergerak dengan sendirinya mencari buku yang kamu review karena merasa tertarik dan ingin juga dapat manfaat dari membaca buku.

Kegiatan saling berbagi informasi melalui review buku bahkan bisa dijadikan ajang promosi komersil. Kalau kamu terampil membuat review buku yang bagus, mungkin kamu juga berpeluang dapat uang dari buka jasa review buku.

***

Bedakan Antara Review dan Resensi!

Setelah mengetahui pentingnya membuat review buku, mari kita melangkah maju mengetahui apa itu review buku. Sebagaimana namanya, review artinya tinjauan, pandangan, pendapat, yang dikemukakan sesudah menyelidiki, mempelajari dan sebagainya (KBBI).

Baca Juga: Disiplin Menulis Adalah Upaya Membaguskan Diri

Tidak ada aturan baku perihal konten apa yang harus kita suguhkan ketika mereview sebuah buku. Apapun kata dan kalimat yang kalian rangkai ketika membuat review buku, itu merupakan karya original milik kalian sendiri sebagai hasil dari membaca buku tertentu. Jadi, usahakanlah untuk membuat review buku yang menarik agar pembaca review kalian jadi tertarik untuk membaca buku yang kalian review.

Mereview buku berbeda dengan meresensi. Ketika membuat review buku, kita berfokus pada informasi dan manfaat apa saja yang kita dapatkan dari buku, lantas kita menuliskannya. Bentuk informasi tersebut bukan rangkuman, tapi lebih ke kesan-kesan yang diekspresikan dalam tulisan. Mereview bukanlah merangkum, tapi lebih kepada bagaimana agar pembaca merasa iri dan tertarik untuk membaca buku yang kita review.

Sementara itu, resensi punya arti dasar “Timbangan Buku”. Di dalamnya memuat praktik review sekaligus memaparkan kelebihan dan kekurangan buku. Ketika pada review buku, kita tidak perlu repot-repot membuat penilaian yang gamblang, maka untuk resensi, kita perlu melakukannya.

***

Lantas, Apa Saja Langkah-Langkah Mudah Membuat Review Buku?

Berikut ini kami paparkan langkah-langkah sederhana untuk membuat review buku:

  1. Pilih buku yang ingin kamu baca, tapi jangan dulu membaca isinya.
  2. Telisiklah judul buku, punggung buku, bagian belakang buku (sinopsis) serta halaman kata pengantar dan dafar isi. Dengan cara ini, kita akan bisa dapat gambaran umum dari isi buku, pun dapat membangkitkan ketertarikan lebih lanjut untuk membaca buku secara menyeluruh.

Catatan penting: tertarik kepada buku yang ingin direview merupakan signal yang baik agar kita bisa merangkai tulisan review yang akrobatik. Kalau senang mereview buku, pasti hasil perbuatan menyenangkan itu akan lebih baik dari pada hasil pekerjaan yang dilakukan dengan keterpaksaan.

  1. Catatlah semua informasi yang ada di buku, di antaranya:

a. Judul Buku

b. Penulis

c. Tahun terbit

d. Jumlah Halaman

e. Harga Buku

Kelima informasi di atas bisa dicantumkan di bawah judul, serta di bawah tulisan review.

Baca Juga: Seni Mendekati Tuhan Ala Silat Sunda Buhun

  1. Catat kutipan-kutipan menarik yang ada di buku, lengkap dengan halaman di mana kutipan itu tertera. Nantinya kutipan itu akan jadi amunisi yang baik agar kamu bisa merangkai tulisan review dengan baik dan terarah.
  2. Mulailah menulis. Dimulai dari melakukan brainstorming, dilanjutkan dengan melakukan tahap editing, baca ulang, lalu setelah dirasa mantap, segeralah membagi produk reviewmu kepada semua orang.

Demikianlah informasi seputar Cara Membuat Review Buku. Untuk ragam contoh produk review buku pilihan, silakan klik di sini.

Selamat menulis, selamat mengapresiasi!


Sumber Gambar dari sini

3 respons untuk ‘Terampil Menandai Apa yang Telah Dibaca (Cara Membuat Review Buku)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s