Legenda Mister Gepeng (Salah Satu Kisah Hoax yang Viral di Era 90-an)

halloween-1746354_1920

Kata siapa berita hoax cuma ada di zaman now, di mana orang-orang sudah terkoneksi secara digital dan melulu bergantung pada gadget. Justru berita hoax atau berita bohong sudah ada sejak zaman dulu, termasuk di era 90-an. Berhubung saya termasuk golongan orang-orang yang tumbuh di era tersebut, saya ingin berbagi cerita kesaksian penyebaran salah satu berita hoax yang pernah viral di masa itu.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa istilah “Hoax” dalam Bahasa Inggris artinya “a plan to deceive someone, such astelling the police there is a bomb somewhere when there is not one.” arti lainnya menurut Kamus Cambridge adalah “to deceive, especially by playing a trick on someone”. Sederhananya, hoax itu suatu kata benda atau kata kerja yang artinya memperdaya atau mengelabui orang untuk agenda tertentu.

Apa praktik hoax yang pernah jadi viral di era 90-an?

Salah satu di antaranya yakni legenda Mister Gepeng. Orang-orang yang memulai hidup di era 90-an pasti pernah familiar dengan nama ini, bukan? Entah hoax ini bermula dari siapa, dikabarkan melalui apa dan bagaimana penyebarannya, berita tentang Mister Gepeng menjadi viral, tersebar, menjelma teror, dan berhasil membuat anak-anak percaya bahwa Mister Gepeng ada dan bersemayam di kamar mandi sekolah SD.

Pada mulanya, kabar yang beredar menyebut bahwa Mister Gepeng seorang jutawan yang meninggal karena terjepit lift. Sebagian kabar menyebut Mister Gepeng mati karena terlindas buldoser. Terlapas dari yang mana yang benar, kita tahunya kalau mister gepeng itu mati dan menjadi gepeng. Mister Gepeng pun menjelma arwah penasaran.

Entah bagaimana ceritanya, dari kejepit lift, tahu-tahunya dia ada di toilet sekolah. Mengapa pula harus di toilet sekolah? Mengapa pula kami kala itu percaya begitu saja kalau Mister Gepeng meneror kamar mandi sekolah kami? Kalau diingat-ingat lagi, rasanya kami keterlaluan konyol hingga takut sama arwah penasarannya Mister Gepeng.

Padahal, sama sekali saya tidak tahu seseram apa wajah dan penampakan Mister Gepeng. Padahal kabar yang beredar, justru Mister Gepeng bisa memberi uang dari lobang WC, kalau kita menelepon ke nomor 7777777. Jalan lain untuk dapat uang dari Mister Gepeng adalah dengan melakukan gerakan maju mundur cantik di depan WC selama tujuh kali. Tapi karena ketakutan yang tak beralasan, kita semua enggan untuk melakukannya. Duh, mengingat kisah Mister Gepeng, saya jadi ingin ketawa sendiri.

Saya juga jadi merasa, praktik hoax dan viral di zaman saya justru lebih canggih. Bayangkan, kala itu minim gadget di kalangan anak SD dan jaringan internet masih belum sepopuler zaman now. Tapi entah di bawa angin dari mana, Mister Gepeng mendadak populer dan begitu saja jadi teror buat anak-anak SD. Bagaimana bisa?

Jika teman-teman ada yang tahu jawabannya, silakan komentar di bawah ya, sekalian kita sama-sama bernostalgia. Kalau Mister Gepeng juga baca tulisan ini, silakan juga tulis klarifikasinya di kolom komentar, ya! Sekian.

😀

Sumber Gambar dari sini

 

Satu respons untuk “Legenda Mister Gepeng (Salah Satu Kisah Hoax yang Viral di Era 90-an)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s