Kaca Mata

25042015

“Melihat dengan mata secara lebih jelas, dibantu kaca mata, sama sekali tak berarti memahami dan berbuat dengan lebih baik.”

Halo dunia! Mulai saat ini saya diklaim cacat penglihatan. Saya bisa melihat sekeliling dengan jelas, tapi harus bergantung pada alat bernama kaca mata. Lensa untuk mata kiri dan kanan disetting mendekati minus dua. Inilah akibat dari sembarangan menggunakan mata. Ini menyebalkan. Rasanya malu sekaligus merasa bersalah sendiri.

Tapi tidak elok meratap saja. Berdasarkan hasil perbincangan bersama seorang kawan, ada pandangan-pandangan baru yang menenangkan–jika tidak mau dikatakan pembenaran.

Jadi begini, manusia kekinian yang menggunakan kaca mata untuk alat bantu melihat merupakan bagian dari kegiatan evolusi untuk bertahan hidup. Faktanya, sebagian orang berada di keadaan yang membuatnya berkelakuan untuk mengeksploitasi penggunaan mata secara gila-gilaan. Bukan karena Tuhan menciptakan mata yang tidak kuat meresponsnya, tapi di zaman serba gadget ini, manusia dibuat tergantung dengan yang namanya tv, hp, laptop, komputer yang mana tanpa itu semua, kesannya manusia tak bisa hidup.

Meski tetap rasa bersalah masih bersisa. Pokoknya, sebagaimana lazimnya penderita cacat mata lainnya, saya bertekad untuk sembuh. Mungkin perlu banyak makan wortel dibarengi mengubah cara kebiasaan baca dan nonton. Aksi perbaikan yang tak kalah penting yakni dari segi pola pikir. Selalulah berpenampilan positif dan belajarlah untuk tidak merendahkan orang lain (baik dalam pikiran maupun perbuatan).

Melihat bukanlah pekerjaan sederhana. Apa yang terlihat secara fisik belum tentu menceritakan apa yang sebenarnya. Dari melihat, kadang kita suka sok tahu dan langsung memutuskan untuk meresponsnya bagaimana. Kita lupa mengamati lebih detail, lupa mendengarkan dengan seksama, pun lupa berdoa dan minta petunjuk Tuhan.

Semoga suatu saat nanti, saya bisa terlepas dari penggunaan kaca mata. Aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s